banner 728x250

Whoosh Canggih, Simak Cerita Jurnalis Media ini Jajali Kereta Cepat Pertama di Indonesia Dan Asia Tenggara

banner 120x600
banner 468x60

BerandaManado.com, Jakarta – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo resmikan Kereta Cepat Whoosh Jakarta Bandung, ini adalah Kereta Cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. Resmi beroperasi pada 2 Oktober 2023, saat ini Kereta Cepat Whoosh sudah bisa dinikmati masyarakat umum.

Dalam sambutannya saat itu, Presiden Jokowi menyampaikan, kereta cepat Jakarta-Bandung ini merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara dengan kecepatan rata-rata 350 km/jam.

banner 325x300

“Kereta cepat ini kita namakan Whoosh. Ini merupakan inspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi dan Whoosh merupakan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat,” ujar Presiden Jokowi.

Jurnalis media ini saat berada di Stasiun KCJB Halim Jakarta

Saat wartawan media ini menjajal kereta cepat ini kekagumanpun terbersit buat Presiden Jokowi yang berani menghadirkan moda transportasi canggih ini di Indonesia. Ia pun membeli tiket seharga 250 ribu melalui mesin order canggih yang menggunakan sistem e-money.

” Saya naik Whoosh dari terminal Halim pukul 11.30 dan diperkirakan tiba di stasiun tegalluar pukul 12.17, namun saya harus turun di stasiun Padalarang karena harus naik fedder (kereta kecil) yang menyambungkan perjalanan ke Cimahi dimana urusan saya ada di Kota Cimahi,” ungkap Dayke Rarobong, jurnalis media ini.

Waktu yang ditempuh Dayke ternyata secepat kilat, pukul 12.00 sudah tiba di stasiun Padalarang. Kenyamanan menempuh perjalanan singkat menggunakan Whoosh dia nikmati dengan kagum atas kecanggihannya.

” Seat yang nyaman, ruangan yang sejuk dan semua fasilitas serba touch screen, luar biasa kereta ini, bahkan sempat melewati terowongan sepanjang 4 km laju kereta yang cepat dan tenang menyenangkan perjalanan saya ,” tutur Pemimpin Umum Media ini.

Menikmati perjalanan dengan KCJB

Kereta Cepat Whoosh ini beroperasi dengan kecepatan 350 km per jam dan dapat menempuh jalur sepanjang 142,3 km antara Jakarta – Bandung hanya dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Sebelum diresmikan, uji coba Kereta Cepat Whoosh dengan mengangkut penumpang juga sudah dilaksanakan sejak tanggal 15-30 September 2023. Pada masa uji coba itu sebanyak 49 ribu penumpang telah merasakan pengalaman perjalanan dengan Kereta Cepat Whoosh.

“Kereta Cepat Whoosh menawarkan efisiensi dari segi waktu dan juga memberikan kenyamanan bagi penggunanya. meskipun bergerak dalam kecepatan tinggi namun tidak ada getaran yang mengganggu. jarak Jakarta Bandung jadi terasa dekat, untuk itu mari kita beralih menggunakan Kereta Cepat Whoosh yang lebih cepat, tepat dan tentunya bebas macet” Ungkap Erick Thohir, Menteri BUMN

Jurnalis Senior Dahlan Iskan yang juga Mantan Menteri BUMN mengatakan KCJB jadi berita menghebohkan di luar negeri. Terutama saat pertama kali uji coba, Dahlan bilang media negara tetangga ramai memberitakan.

“Itu menjadi berita besar di Singapura, di Malaysia, di Vietnam. Jadi bintang sekali. Karena ini kan memang negara pertama yang punya kereta cepat di Asia Tenggara,” tuturnya.

Menurut info pejabat Departemen Perhubungan, direncanakan akan dibangun rel kereta cepat Whoosh yang menghubungkan stasiun tegalluar ke Kota Semarang Jawa Tengah. Woow keren, anda penasaran ? Silahkan jajali Kereta Cepat Whoosh Jakarta – Bandung.

(Dayke Rarobong)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *